Berita
Kamis, 5 September 2019

SOSIALISASI LAYANAN KEPENDUDUKAN "SILAMPID" PAKPAK BHARAT

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan Pelayanan yang baik kapada msyarakat Pakpak Bharat. Salah satunya dengan Program Inovasi SILAMPID. Baru-baru ini DISDUKCAPIL kembali melakukan sosialisasi kepada Petugas Register Desa di Kecamayan yang memiliki Mesin E-KIOS SILAMPID yakni di Kecamatan STTU Jehe, Kerajaan dan Salak. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 26-27 Agustus di STTU Jehe, 28-29 Agustus di Kerajaan dan 2-3 September di Kecamatan Salak. 

SILAMPID merupakan Aplikasi yang memudahkan warga mengurus 5 layanan kependudukan dalam satu aplikasi yaitu Akta Lahir, Akta Kawin, Akta Mati, Surat Pindah Datang dan Surat Pindah Keluar.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bapak Petrus Saragih, SE,MM menyampaikan dengan Aplikasi ini secara khusus dapat memotivasi masyarakat melalui petugas Desa untuk update terhadap Teknologi Informasi. Bahkan penduduk cukup datang ke Kantor Camat untuk pengurusan Kependudukan yaitu Akta Lahir, Kawin, Mati , Pindah dan Datang. Atau bisa juga melalui smartphone dengan membuka situs https://silampid.pakpakbharatkab.go.id/.

Aplikasi ini memang sudah mobile yakni dengan ada internet, dimanapun dan kapanpun kita boleh mengakses Aplikasi SILAMPID. Pada saat sosialisasi di Kecamatan Salak, ada juga masyarakat yang mengurus surat pindah keluar dan langsung diinput melalui Aplikasi SILAMPID. Selanjutnya di Kantor DISSUKCAPIL data diverifikasi untuk bisa mencetak SKPWNI (Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia) 

Dalam hal ini, pengurusan melalui SILAMPID juga harus lengkap dan tepat. Misalnya untuk lokasi tujuan pindah harus valid dan sesuai dengan kode pos daerah , sehingga proses pengurusan Administrasi Kependudukan menjadi efisien dan efektif. Serta, semua urusan kependudukan di Dukcapil Pakpak Bharat tidak ada biaya (GRATIS)

 

Ayooo urus administrasi Kependudukan melalui SILAMPID..... Gratis lho

 

(Pelayanan Pendaftaran Penduduk 2019_RH)


Copyright © 2019 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Pakpak Bharat All Right Reserved