Berita
Selasa, 17 September 2019

KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PAKPAK BHARAT PIMPIN APEL DI SMA NEGERI TINADA

Dalam rangka memberikan pemahaman akan arti pentingnya Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat, maka Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Pakpak Bharat Petrus Saragih,SE,MM dan jajarannya mulai membuat metode baru dengan mengunjungi sekolah-sekolah di Kabupaten Pakpak Bharat guna menjelaskan pengetahuan tentang Administrasi kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada anak didik SD, SMP, dan SMA sederajat, sehingga anak-anak paham akan arti pentingnya seluruh produk yang dikeluarkan Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, sesuai UU No.23 tahun 2006 yang diubah dengan UU No.24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

  Menurut Bpk. Petrus Saragih,SE,MM dalam arahannya kepada anak siswa/i SMA Negeri Tinada agar menjadi pelopor pemenuhan dokumen keluarga masing-masing secara lengkap. Cek dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ayah,Ibu, adik, kakak masing-masing apabila belum lengkap segera lengkapi. Cek juga kebenaran dokumen keluarga, jangan ada yang salah baik nama, tempat tanggal lahir sehingga apabila dibutuhkan untuk melanjutkan sekolah, mencari kerja, semua sudah benar baik di Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir,KTP, dan sesuai dengan Ijazah.

  Disamping itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga menegaskan agar KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA) tidak hanya difungsikan sebagai Pengenal diri saja tetapi kita harus tingkatkan manfaatnya untuk peningkatan Ekonomi penduduk . Jadi, sejak dini anak-anak diedukasi dan diajak menabung dengan menggunakan KIA dan KTP-El yang diterbitkan DISDUKCAPIL Pakpak Bharat.

  Saya berharap dengan KIA dan KTP-El yang diterbitkan dapat digunakan anak-anak sekolah untuk membuka tabungan yang disebut SIMPEL atau Simpanan Pelajar. Dengan ini, diharapkan siswa/i berhemat dengan menabung sehingga selesai pendidikan sekolah dapat dimanfaatkan untuk membantu orangtua, untuk memenuhi kebutuhan sekolah, mendaftar mencari pekerjaan, mendaftar kuliah, dan buat modal usaha bila Tamat Sekolah.

  Inilah harapan saya tutur Petrus Saragih,SE,MM sehingga anak-anak  di Kabupaten Pakpak Bharat ini akan lebih baik kedepan. Saya akan dorong Bank yang telah bekerja sama dengan Dukcapil Pakpak Bharat yang telah memberi kemudahan dengan menabung bagi anak didik.

  Selesai Upacara Bendera, Kadis Dukcapil juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala sekolah SMA Negeri Tinada Bpk. Juanda Bancin,SPd dan seluruh Bapak/Ibu guru serta pihak PT.BANK SUMUT yang hadir.

 

(Pelayanan Administrasi Kependudukan2019_REH)


Copyright © 2019 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Pakpak Bharat All Right Reserved