Berita
Kamis, 7 November 2019

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pakpak Bharat mengunjungi PAUD dan TK se-Kecamatan Salak dalam rangka percepatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA)

Sesuai dengan Permendagri No. 02 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA), membuat kebijakan pemberian identitas kepada anak 0-17 Tahun kurang  1 (satu)  hari. Manfaat dari KIA sesuai dengan Permendagri di atas adalah sebagai tanda pengenal Identitas diri yang sah saat mendapatkan layanan publik. Jadi manfaatnya misalnya untuk kepentingan Pelayanan Imigrasi, pembuatan Rekening Bank, dan layanan lainnya, juga mengurangi dan mencegah adaya perdagangan anak.

Dengan manfaat yang begitu baik tentu kewajiban Pemerintah memberikan pelayanan dengan memberikan Kartu Identitas anak-anak yang belu 17 tahun, tentu ini adalah langkah baik bagi seluruh anak-anak Indonesia yang memiliki kartu identitas yang dapat dibawa setiap hari dan dapat digunakan untuk pelayanan publik tutur Kadis Dukcapil Pakpak Bharat, Petrus Saragih, S.E, MM.

Tujuan kita berkunjung ke PAUD dan TK (PAUD BEC, DAHLIA, CERIA, MITOKONA, AR BADAR, SKB PAKPAK BHARAT)  adalah melakukan sinergitas dengan ibu guru pengasuhnya dalam mmberikan pelayanan kepada anak-anak PAUD/TK.

Saya juga menghimbau kepada seluruh orangtua yang mempunyai anak berumur 0-17 tahun kurang 1 (satu) hari agar mengurus KIA dengan melengkapi syarat-syaratnya. Adapun syarat yang dimaksud adalah:

1.Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

2.Fotocopy Akta Lahir Anak

3.Fotocopy KTP Orangtua

4.Fotocopy Buku Nikah/Akta Perkawinan Orangtua

5.Pas Foto bagi anak yang berumur 5 tahun 

 

#disdukcatpil_pakpakbharat


Copyright © 2020 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Pakpak Bharat All Right Reserved