Kartu Keluarga

Produk dan Layanan Kartu Keluarga

Syarat pengurusan kartu keluarga baru
1.Meminta surat pengantar pembuatan kartu keluarga baru ke RT setempat dan dilanjutkan distempel ke RW.
2.Mendatangi kantor kelurahan setempat untuk mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembuatan Kartu Keluaraga dengan membawa persyaratan – persyaratan berikut
1  Surat pengantar dari RT/RW
2. Foto kopi buku nikah /akta perkawinan bagi yang sudah menikah
3. Surat Keterangan Pindah Datang ( bagi penduduk datang)

Untuk penambahan anggota keluarga maka syarat yang harus dibawa
1.Surat pengantar dari RT/RW
2.Kartu Keluarga yang lama/ dan foto kopi KK yang telah dilegalisir
3.Surat Keterangan Kelahiran dari calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan
4.Fotokopi akte nikah orang tua yang telah dilegalisir, untuk penambahan anak yang baru lahir ke Kartu Keluarga.

Sedangkan untuk kasus penambahan anggota keluarga untuk numpang Kartu Keluarga, maka persyaratannya :
1.Surat pengantar dari RT/RW
2.Kartu Keluarga yang lama dan Kartu Keluarga yang ditumpangi.
3.Surat Keterangan Pindah Datang
4Surat Keterangan Datang dari luar negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri.
5.Paspor , Izin Tinggal Tetap, Surat Keterangan Catatan Kepolisian/ Surat Tanda Lapor Diri
( bagi orang asing)

Untuk kasus pengurangan anggota keluarga
1.Surat pengantar dari RT/RW
2.Kartu Keluarga yang lama
3.Surat Keterangan Kematian (bagi yang meninggal dunia)
4.Surat Keterangan Pindah / pindah datang ( bagi penduduk yang pindah)

Untuk kasus Kartu Keluarga yang hilang atau rusak, persyaratannya :
1.Surat pengantar Lurah/Kepala Desa
2.Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
3Kartu Keluarga yang rusak ( kasus KK yang rusak )
4.Foto kopi dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga
5.Dokumen keimigrasian bagi orang asing

Standar Operasional Prosedur Kartu Keluarga

  1. Proses Penerbitan:
    1. Pemohon datang ke Kantor Kepala Desa;
    2. Petugas registrasi Desa menerima, meneliti berkas pelaporan dan persyaratan dengan __ Buku Induk Penduduk (BIP) atau hasil print out Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
    3. Jika biodata penduduk perkeluarga telah memiliki NIK dari Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil, selanjutnya mengisi formulir F1-06 (permohonan KK) ditanda tangani pemohon dan ditanda tangani & cap kepala desa;
    4. Petugas Registrasi Desa melakukan pencatatan pada BHPPK;
    5. Formulir F1-06 dibawa ke Kantor Kecamatan yang bersangkutan yang diterima oleh pet__ registrasi Kecamatan;
    6. Petugas Registrasi Kecamatan melakukan verifikasi dan validasi atas Formulir F1-06;
    7. Formulir F1-06 diparaf oleh Camat;
    8. Petugas Registrasi Kecamatan melakukan pencatatan pada BHPPK;
    9. Formulir F1-06 dibawa Ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diterima oleh Petugas Registrasi Kabupaten;
    10. Petugas Registrasi Kabupaten melakukan verifikasi dan validasi atas Formulir F1-06;
    11. Formulir F1-06 telah benar dan lengkap maka Petugas Registrasi Kabupaten memb__ Tanda Terima Berkas kepada Pemohon;
    12. Formulir F1-06 selanjutnya diserahkan kepada kepala Seksi Pelayanan Administrasi unt__ verifikasi dan paraf yang selanjutnya diteruskan kepada Kepala Bidang Pendaftaran Per__ untuk verifikasi dan paraf;
    13. Formulir F1-06 selanjutnya diserahkan kepada operator SIAK untuk dilakukan proses in__ data dan percetakan;
    14. Kartu Keluarga yang telah dicetak selanjutnya diserahkan kepada Kepala Bidang Pen__ Penduduk yang selanjutnya diteruskan kepada Kepala Dinas untuk penandatanganan __ pengesahan;
    15. Kartu Keluarga yang telah ditandatangani Kepala Dinas diserahkan kembali kepada Ke__ Bidang Pendaftaran Penduduk yang selanjutnya diberikan kepada Petugas Register Kal__ untuk proses penyerahan kepada Pemohon;
    16. Pemohon membayar retribusi yang telah ditetapkan kepada Bendahara Penerima yang selanjutnya Bendahara Penerima memberikan Tanda Terima Pembayaran kepada Pem__
    17. Pemohon menyerahkan Tanda Terima Pembayaran kepada Petugas Register untuk pen__ Kartu Keluarga
  2. Waktu Penyelesaian: Waktu penyelesaian penerbiatan Kartu Keluarga disesuaikan dengan banyaknya permohonan yang masuk dan diproses oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan rincian sebagai berikut:
    • 1-50 berkas permohonan yang masuk dan diproses maka waktu penyelesaian maksimal __ hari kerja;
    • 51-100 berkas permohonan yang masuk dan diproses maka waktu penyelesaian mak__ (dua) hari kerja;
    • 101-150 berkas permohonan yang masuk dan diproses maka waktu penyelesaian maksi__ (tiga) hari kerja; dst
    waktu penyelesaian dihitung sejak berkas diterima dengan benar dan lengkap.

Copyright © 2019 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Pakpak Bharat All Right Reserved